Lobster ku GANTI KULIT!!


lobster.. hewan air ini sudah beberapa bulan terakhir telah menghuni kolam dan akuarium di rumah saya. bosan dengan ikan-ikan hias lama, kini coba beralih ke lobster air tawar. tertantang untuk mengembangbiakan nya, setelah selalu berhasil menernakan macam-macam ikan hias di dalam kolam dan akuarium saya selama ini.

Jenis lobster yang saya pelihara di kolam saat ini adalah jenis red clarkii dan red claw (cherax qudricarinatus), ternyata setelah mencoba, mudah juga untuk mengembang biakan hewan air yg satu ini, dalam beberapa minggu saja sudah ada ratusan lobster di kolam ini, tapiii... untuk pembesarannya bukan hal yang mudah, kenapa? coba aja sendiri, hehehe

mengamati makhluk air yg satu ini sangat menarik, karakternya sangat berbeda dibanding ikan-ikan yg selama ini saya pelihara dan kembangbiakan, ada suatu hal yg menarik dan menginspirasi saya dari tingkah laku lobster ini..


untuk bertumbuh besar, lobster tidak seperti ikan yg bisa tumbuh otomatis, heheh.. jika ia ingin bertumbuh besar, maka ada suatu peristiwa unik.

lobster dari saat mula ia menetas, ia akan bertumbuh besar.. tubuhnya yg terdiri kepala (chepalotorax) dan perut (abdomen) akan ikut bertumbuh tentunya, tapi sayang nya bagian kepala dan perut itu harus di tinggalkan..
artinya jika lobster ingin bertumbuh, maka tubuhnya akan mengganti kulit. ia akan keluar dari kulitnya dan membentuk kulit yg baru..

saya sering memperhatikan lobster yg sedang ganti kulit, pada awalnya si lobster yg ingin bertumbuh merasa tubuhnya sudah besar, dan tak muat lagi menempati "kulit" nya yg lama. maka jalan satu-satunya yaitu ia harus keluar dari kulit lama dan menjadi lobster yg lebih besar.
sayang nya, proses mengganti kulit ini adalah proses yg sulit dan menyakitkan (mungkin) bagi si lobster.

dari yang sering saya amati, ada beberapa lobster yg mati saat mengganti kulit, karena sulitnya proses utk keluar dari kulit yg lama.
tapi proses ini harus dilakukan agar si lobster bisa tumbuh besar.
proses penggantian kulit (molting) adalah proses yg sangat memakan energi, karena saya perhatikan, lobster yg mengganti kulit (molting) sangat lemas saat berhasil keluar dari kulit lamanya, dan inilah saat rentan bagi lobster, sehingga ia bisa dengan mudah di mangsa oleh rekannya sendiri. kasian ya?heheh..

nah proses molting ini sangat menginspirasi looh, banyak dari kita (saya khususnya) merasa potensi kita makin bertumbuh dan lebih besar dari lingkungan (komunitas) kita saat ini.
sering kali kita tidak betah dengan lingkungan kita sekarang karena banyak hal. pernah kah teman merasa bahwa teman tidak pantas berada di pekerjaan saat ini karena kemampuan teman lebih besar dari yg dilakukan saat ini? atau butuh pertumbuhan baru bagi pengembangan diri? tapi takut sekali meninggalkan lingkungan sekarang? nah saya pernah looh.. ini kisah nyata saya dulu.
jika sudah tak nyaman dengan kondisi lingkungan saat ini, tinggalkan saja. memang menyakitkan, seperti lobster tadi, tapi itu perlu, demi pertumbuhan potensi kita.

seorang teman pernah bercerita, ia memiliki komunitas teman-teman yang pemabuk dan sering nongkrong-nongkrong ga jelas. suatu saat ia sadar dan ingin berubah, tapi ia takut utk meninggalkan komunitas nya karena mungkin akan di musuhi oleh teman2 nya, sungguh menyakitkan, tapi itu perlu..
dan akhirnya teman saya itu memutuskan utk meninggalkan komunitas lamanya dan bergaul dengan lingkungan yang baru, lingkungan orang-orang positif dan membangun, apa yg terjadi? yang dulunya ia dianggap remeh oleh orang-orang, kini ia sangat di hormati dan memiliki kehidupan yg sukses.. luar biasa kan?

sebenarnya alam ini memberikan pelajaran-pelajaran untuk kita, pantaslah jika ayat pertama yg turun di alquran adalah "iqra", bacalah..
bacalah apa yg ada di alam ini, karena mengandung banyak pelajaran, heheh dahsyat kan?

masih banyak karakter lobster yg menginspirasi saya, tapi itu dulu yg bisa saya bagikan, jika teman punya hobi yg sama juga, bisa berbagi info dengan saya, dengan senang hati kita bertukar pengalaman dan ilmu.
demikian semoga terinspirasi..

0 Response to "Lobster ku GANTI KULIT!!"

Post a Comment

Advertisement